Mengenal Asuransi Lebih Jauh Serta Pengertiannya

Mengenal Asuransi Lebih Jauh Serta Pengertiannya

Pengertian Asuransi – Mengenal Asuransi Lebih Jauh, Pastinya pembaca pernah bertanya “apa itu asuransi?”. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam apa dan mengapa kita butuh hal ini. Tentunya bagi pembaca yang belum mengetahui apa itu asuransi pasti bingung bukan? Bingung dalam bagaimana cara kerjanya, apa saja perusahaan-perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, dan berbagai pertanyaan lain.

Mengenal Apa Itu Asuransi?

Asuransi berasal dari kata insurance yang tentu artinya adalah pertanggungan. Jadi cara kerja asuransi secara sederhana dapat dijelaskan, pihak nasabah melakukan perjanjian kepada penanggung atau bisa juga disebut perusahaan asuransi, setelah itu pihak penanggung bersedia untuk menanggung semua kerugian yang akan mungkin datang di masa depan setelah si nasabah menyetujui atau menyepakati pembayaran yang bisa disebut premi. Jadi dengan kata lain, pengguna asuransi (nasabah) membayar uang setiap bulannya, lalu jika dimasa depan nasabah mengalami kejadian yang tak diinginkan, pihak perusahaan siap untuk menanggung biayanya.

Pengertian Premi

Kata premi tentu bukanlah kata yang asing bagi pengguna asuransi, oleh karena itu sangat penting kiranya anda mengenal istilah ini terlebih dahulu. Premi adalah uang yang dibayarkan oleh nasabah sebagai bayaran kepada si perusahaan asuransi. Nasabah memiliki kewenangan dan kebebasan untuk memilih premi yang diinginkan, dan sangat saya sarankan pilihlah premi yang sesuai dengan kemampuan anda. Untuk lebih lanjutnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya mengenai “Premi Asuransi”.

Kitam Undang-Undang Hukum Dagang atau bisa disingkat KUHD menyebutkan, asuransi atau pertanggungan itu didefinisikan adalah suatu perjanjian seseorang nasabah atau penanggung yang bergantung diri pada sebuah perusahaan asuransi atau pihak tertanggung, yang tentu menerima premi, untuk memberi ganti rugi kepada si nasabah, kerusakan atau kehilangan untung yang telah diharapkan.

Jenis Asuransi di Indonesia

Ada beberapa contoh kategori asuransi yang ada di Indonesia, diantaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kehilangan, asuransi kesehatan, dan bahkan asuransi kebakaran.
Anda tau apa namanya jika kedua belah pihak (si nasabah dengan si perusahaan asuransi) melakukan perjanjian? Ketika kedua belah pihak melakukan perjanjian, berarti itu namanya kebijakan. Sedangkan kebijakan disini maksudnya adalah kontrak yang tentu legal, menjelaskan istilah-istilah dan juga kondisi yang dilindungi. Lalu premi jgua bisa disebut biaya yang dibayarkan oleh si nasabah kepada perusahaan untuk resiko yang ditanggung nasabah nanti. Sedangkan berapa sih besar premi yang harus dibayar? Itu semua tergantung dari si perusahaan asuransi, biasanya terdiri dari dana yang bisa di klaim, biaya admin, dan biaya keuntungan.

Dalam era yang modern ini tentu akan sangat bermanfaat untuk mulai berfikir mengasuransikan diri anda, dan terutama keluarga tercinta anda. Kita tidak akan pernah tau kemungkinan yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Bukanlah lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan untuk membantu anda mencegah dan meminimalisir resiko anda dimasa mendatang maka asuransi lah jawabannya