Apa Itu Resiko Sendiri Pada Asuransi Mobil?

resiko sendiri asuransi mobil

Image Source: monarquica

Infoasuransi– Salah satu yang sekarang ini rentan dengan berbagai macam musibah seperti pencurian atau tabrakan adalah mobil. Mobil yang memiliki harga yang cukup mahal tersebut, pasti sangat dijaga oleh para pemiliknya mulai dari diberi perawatan khusus, spare part yang terbaik hingga diberikan sebuah asuransi.

Ya, asuransi mobil merupakan pilihan paling tepat yang harus digunakan oleh pemilik mobil tersebut. Mengapa? Alasannya sederhana, karena memang ausransi merupakan sebuah perlindungan yang bisa digunakan untuk kendaraan tercinta.

Bagi anda pengguna asuransi khususnya mobil, tentunya tidak asing dengan kata-kata resiko sendiri asuransi mobil. Tahukah anda apa itu? Resiko sendiri merupakan sebuah kerugian pada mobil yang harus kita tanggung sendiri.

Maksudanya ialah sekarang ini, asuransi khususnya mobil tidak 100 % menanggung kerugian yang terjadi pada mobil. Kita harus membayar sebagian biaya kerugian tersebut, jangan khaatir kerugian yang kita tanggung tersebut tidak banyak, hanya beberapa persen saja yang akan anda tanggung.

Resiko sendiri asuransi mobil atau yang lebih dikenal dengan Own Risk ini, ditetapkan oleh OJK sendiri. Jadi, sebelum anda menggunakan asuransi mobil, pihak asuransi tersebut akan menjelaskannya kepada anda secara rinci, sehingga anda tidak merasa akan ditipu.

Pada umumnya untuk harga Own Risk atau resiko sendiri ini, ditetapkan akan kebalikan dengan premi yang dibayarkan. Bila premi yang anda bayarkan cukup mahal, otomatis harga Own Risk anda akan murah. Begitu juga dengan sebaliknya, bila harga premi murah berarti anda harus membayar biaya resiko sendiri yang cukup mahal.

Dan, harga yang biasanya ditetapkan ialah Rp 300 rb saja dengan harga maksimalnya yaitu Rp 500 rb, jadi jika biaya perbaikkan pada mobil tersebut sebesar Rp 3 juta, maka karena anda harus membayar biaya resiko sendiri kepada pihak bengkel, maka biaya yang akan ditanggung oleh pihak asuransi atas kerugian tersebut ialah sebesar Rp 2,7 Juta saja. Bagaimana, sudah mengertikah anda?

Akan tetapi, jika anda belum cukup memahami lebih dalam mengenai resiko sendiri asuransi mobil, anda bisa menanyakannya lebih dalam kepada pihak asuransi atau portal pembanding asuransi yang saat ini sudah banyak dan bisa membantu anda untuk mengetahui segala jenis informasi lebih yang ingin anda ketahui tentang istilah asuransi ini.

Salah satunya cekpremi, portal pembanding asuransi ini bisa membantu anda untuk mengetahui istilah ini dan apa tujuan dari diadakannya isitilah asuransi ini oleh OJK. Semua pertanyaan anda tersebut oleh dijawab oleh Insurance Specialist mereka.

Cobalah untuk memahami tentang resiko sendiri asuransi mobil ini, agar tidak terjadi kesalah pahaman anatara anda dan pihak asuransi. Biasanya banyak orang merasa ditipu oleh pihak asuransi karena, mereka tidak mengetahui prosedur yang diberlakukan oleh pihak asuransi tersebut.