Aturan OJK Untuk Asuransi Motor dan Mobil

Di era sekarang memiliki mobil atau motor tapi tidak diasuransikan mungkin lebih baik tidak punya kendaraan sama sekali. Bukan apa-apa, jika dilihat secara resiko berkendara saat ini, apalagi kalau di Jakarta itu sudah sangat crowded . Resiko disenggol motor maupun kendaraan lainnya atau yang paling parah lagi kendaraan hilang akibat dicuri maling itu sangat mungkin terjadi.

Tarif harga premi Asuransi kendaraan bermotor saat ini memang sudah diatur secara khusus oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga bisa dibilang semua perusahaan asuransi sekarang rate tarif preminya sama, kalau ada perusahaan Asuransi yang melanggar aturan akan dikenakan hukuman berupa pencabutan izin produknya oleh OJK. Memang jadi lebih mahal biaya tarif preminya, tapi dampak positifnya ialah perusahaan asuransi saat ini berkompetisi bukan di berdasarkan harga premi tapi lebih di pelayanan klaim.

Tarif asuransi motor sekarang diatur oleh OJK berdasarkan kategori harga dan wilayah. Wilayah 1 meliputi Sumatera, Wilayah 2 meliputi Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten, Wilayah 3 mencakup wilayah di luar dari Wilayah 1 dan Wilayah 2 (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua).
Adapun tarif premi asuransi motor atau mobil 2015 yang berlaku berdasarkan ketentuan OJK adalah sebagai berikut:

asuransi motor

image source Surat Edaran (SE) OJK Nomor 6/D.05/2013

Tarif premi asuransi motor Comprehensive, atau orang biasanya menyebutnya Jaminan All Risk, yang mana dalam tipe jaminan ini tidak hanya menjamin kerugian yang dikarenakan kehilangan kendaraan juga menjamin kerusakan sebagian, seperti terserempet kendaraan lain atau semacamnya, dan juga menanggung kerugian Total akibat kecelakaan.

Tarif Premi Asuransi Motor dan Mobil 2015, Kondisi Comprehensive atau All Risk, sesuai dengan ketentuan OJK
Kalau tabel dibawah ini adalah tarif premi asuransi kendaraan bermotor 2015 untuk kondisi TOTAL LOSS ONLY, atau kerugian total akibat kendaraan dicuri atau kerusakan Total yang disebabkan oleh kecelakaan.

Tarif Premi Asuransi Kendaraan 2015 – Kondisi Total Loss Only, sesuai ketentuan OJK. Nah, kalau ingin jaminan yang lebih luas lagi dengan jaminan Bencana Alam (Banjir, Gempa Bumi, Tsunami), jaminan Sabotase, Terorisme, Huru Hara, Jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak ke-3 kalau kendaraan kita menabrak kendaraan yang lain dan jaminan kecelakaan diri, maka tarif rate preminya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

asuransi motor

image source Surat Edaran (SE) OJK Nomor 6/D.05/2013

Tambahan lagi, tarif diatas berlaku cuma untuk kendaraan dengan usia hingga sampai 5 tahun, buat kendaraan dengan usia diatas 5 tahun, dikenakan kenaikan tarif premi atau loading sebesar 5% per tahun dari tarif diatas.
Memang tarif asuransi kendaraan bermotor yang ada saat ini sedikit lebih pusing buat menghitungnya, tapi kalau tidak mau pusingkan mending kunjungi saja website Cekpremi, disana anda dapat memilih produk asuransi motor sesuai dengan isi kantong dan kebutuhan anda.

Disana anda akan dibantu oleh Insurance Specialist yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi, semua perlindungan asuransi yang anda butuhkan akan dibantu oleh Insurance Specialist tadi, termasuk pada saat akan mengajukan klaim.

Namun biasanya untuk asuransi motor sendiri, jarang sekali bisa menggunakan perlindungan comprehensive, dikarenakan sebagian besar harga beli dan jual sepeda motor masih dibawah dari harga mobil. Sedangkan perlindungan untuk sepeda motor sendiri memang tidak sekompleks mobil. Untuk itu, sepeda motor lebih cocok menggunakan perlindungan jenis Total Loss Only.

Demikian info Tarif Premi asuransi kendaraan 2015, semoga membantu dalam mengkalkulasi harga premi asuransi untuk kendaraan Anda. Selamat Berasuransi.

Untuk mengetahui besaran premi dari asuransi motor atau mobil yang anda miliki silahkan cek premi perbandingan asuransi nya di sini : http://bit.ly/2aeptBq